Bagaimana Cara Kerja Blockchain? Pahami Ini Lebih Dalam

Proses cara kerja blockchain merupakan mekanisme yang ada pada Blockchain. Proses nya dilakukan secara berurutan dan saling berhubungan.

Cara Kerja Blockchain meskipun rumit, tapi kita dapat mempelajarinya jika kita mengetahui tahapan prosesnya. Blockchain pada dasarnya merupakan sebuah rangkaian blok yang umumnya digunakan demi menyimpan informasi yang sifatnya digital.

Lalu bagaimana Cara Kerja Blockchain ? seperti yang kami sampaikan di atas. Jika Anda dapat mengetahui tentang Cara Kerja Blockchain tentu Anda semua dapat memahaminya. Jadi, tanpa harus berlarut-larut mari simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Singkat Blockchain

Dikutip dari buku karya Manav Gupta bertajuk Blockchain for Dummies. Pada awalnya Blockchain dikembangkan sebagai sebuah respon terhadap kebutuhan manusia akan sistem yang lebih mudah, cepat, efisien serta aman untuk merekam transaksi keuangan di masa depan.

Menurut sejarah yang ada, penggunaan Blockchain pertama kali muncul pada tahun 1991. Ketika Stuart Haber dan W. Scott Stornetta mempublish artikel tentang “How to Time Stamp a Digital Document”. Seiring waktu berjalan Blockchain dirancang untuk kebutuhan Bitcoin pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Jenis – Jenis Jaringan Blockchain

Ada empat jenis Blockchain. Antara lain adalah :

  • Jaringan Blockchain Publik

Jaringan Blockchain Publik adalah jaringan Blockchain yang tidak memerlukan izin kepada siapapun. Terbuka bagi semua orang untuk bergabung. Setiap anggota memiliki hak yang sama untuk melihat, mengedit dan memvalidasi data di dalam Blockchain. Contohnya adalah pertukaran mata uang Kripto seperti seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

  • Jaringan Blockchain Privat

Jaringan Blockchain Privat adalah jaringan Blockchain yang dikendalikan oleh suatu organisasi tertentu. Dalam jaringan tersebut pihak tertentu memiliki otoritas untuk menentukan siapa yang dapat menjadi anggota dan hak apa yang dimiliki. Contohnya adalah adalah Ripple yang merupakan tempat jaringan transaksi mata uang digital untuk kepentingan bisnis.

  • Jaringan Blockchain Hybrid

Networks Blockchain Hybrid adalah gabungan dari networks Blockchain Privat dan networks Blockchain Publik. Biasanya perusahaan dapat menggabungkan sistem yang berbasis izin privat namun dengan sistem publik. Sebagai contoh misal Blockchain Hibrida yang dapat memberikan akses publik kepada mata uang digital tetapi data transaksi masih melibatkan bank dengan kerahasiaan data tetap terjaga dengan aman.

  • Jaringan Blockchain Konsorsium

Networks Blockchain Konsorsium adalah jaringan sistem Blockchain yang diatur oleh sekelompok organisasi tertentu. Kelompok organisasi tersebut memiliki tanggung jawab dalam menjaga rahasia didalamnya. Tujuan dari jaringan ini untuk mendapatkan manfaat secara bersama-sama. Contohnya adalah Konsorsium Jaringan Bisnis Pengiriman Global merupakan Konsorsium Blockchain Nirlaba yang bertujuan untuk memajukan industri digitalisasi perkapalan demi meningkatkan kerjasama diantara para operator industri maritim.

Cara Kerja Blockchain

Proses dari Cara operasi Blockchain itu sendiri memiliki mekanisme yang terbilang cukup kompleks. Dari data yang kami himpun, yakni dikutip dari halaman resmi amazon web service. Kami akan jelaskan langkah-langkahnya sebagai berikut:

Perangkat lunak atau software dari Blockchain berguna untuk mencatat transaksi, merekam pergerakan aset fisik maupun digital antar pihak di dalam jaringan. Detail yang tercatat meliputi waktu, tempat, serta jumlah transaksi aset.

Langkah kedua melibatkan persetujuan daripada para peserta di dalam jaringan untuk memvalidasi transaksi. Peraturan persetujuan tersebut telah ditetapkan di awal jaringan dan beragam tergantung kepada jenis jaringan yang digunakan.

Berikutnya setelah langkah persetujuan telah disepakati, maka transaksi akan ditautkan ke dalam blok. Blok tersebut sudah dilengkapi dengan ‘hash kriptografi’ sebagai tanda keamanan. Fungsi hash adalah sebagai rantai penghubung semua blok secara berkaitan. Sehingga tidak mungkin dapat mengedit blog. Proses tersebut membuat blok dan juga rantai terkait dengan sangat aman.

Langkah terakhir adalah sistem menyalurkan salinan copy data paling baru ke semua peserta. Dalam rangka memastikan transparansi dan keamanan data dalam seluruh jaringan sistem Blockchain.

Demikian telah kami jelaskan tentang Cara operasi Blockchain. Serta sejarah singkat dan jenis jaringan dari Blockchain. Semoga penjelasan tadi dapat memberikan Anda wawasan tentang dunia Blockchain. Sekian dan terima kasih.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah Cara Kerja Blockchain dapat memberikan kita semua manfaat terutama pada sistem digitalisasi yang sudah mulai marak pada saat ini. Teknologi Blockchain telah mengubah paradigma dalam berbagai bidang tertentu. Dengan menawarkan keamanan, efisiensi serta penerapan yang memberikan inovasi kepada penggunanya.

smpguppiadmin

Hai, saya Justin Anggara biasanya orang memanggilku Justin. Saya sudah menjadi blogger dari tahun 2017. Untuk itu saya ingin berbagi dimulai informasi berita terupdate terkini hingga perkembangan dunia digital dan mengikuti permkembangan zaman.

Next Post

Shibarium: Membawa Gairah Kreatifitas ke Dunia Digital

Tue Jun 18 , 2024
Konsep shibarium telah memikat banyak orang dengan berbagai esensinya serta keuntungan yang ditawarkan menjadi daya tarik. Simak selengkapnya disini. Dalam maraknya ekosistem kripto yang terus berkembang, muncul tren baru yang menarik perhatian banyak orang: Shibarium, sebuah protokol blockchain yang mengadopsi konsep dari proyek meme kripto yang terkenal, Shiba Inu, […]
Shibarium

You May Like